Ansan Greeners FC, Berawal dari Klub Polisi yang Gagal Bersinar

Ansan Greeners FC, Berawal dari Klub Polisi yang Gagal Bersinar 2
Ansan Greeners FC, Berawal dari Klub Polisi yang Gagal Bersinar 2

Football5star.com, Indonesia – Kabar klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners FC merekrut pemain muda Indonesia, Asnawi Mangkualam menjadi perhatian semua pihak. Klub yang akan dibela Asnawi bukanlah klub ternama di Korea Selatan lho, Ansan Greeners FC saat ini sedang berlaga di kasta kedua.

Jika langsung diumumkan sebagai pemain baru di Ansan, Asnawi akan menjadi pemain pertama dari Asia Tenggara yang bermain untuk klub ini. Musim ini sendiri Ansan memiliki sejumlah pemain asing. Dikutip dari situs resmi klub, Sabtu (23/1/2021) Ansan memiliki dua pemain Brasil, satu pemain Lebanon, dan satu pemain Spanyol.

Ansan Greeners FC, Berawal dari Klub Polisi yang Gagal Bersinar3 "class =" wp-image-372108
yonhapnews

Ansan Greeners FC adalah sebuah klub yang terletak di kota Ansan. Kota itu sendiri berada di selatan Seoul. Kota ini sendiri lebih dikenal sebagai kota pendidikan karena memiliki sejumlah perguruan tinggi ternama seperti Ansan College of Technology, Seoul Institute of the Arts, dan Hanyang University.

Sebenarnya sepak bola sudah lama menjadi favorit masyarakat kota ini. Namun baru pada tahun 2016, klub sepak bola tersebut didirikan di kota Ansan. Berdirinya klub sepak bola di kota ini tidak lama setelah dibangunnya Stadion Ansan Wa. Namun, kemunculan klub sepak bola di kota ini juga merupakan hasil kerjasama dengan kota tetangga, Gimpo.

Saat itu, kota Gimpo memiliki klub sepak bola bernama Gimpo Haleluya. Kesepakatan kemudian dicapai antara dewan kota dan pembentukan Ansan Hallelujah pada 24 November 2006. Klub baru ini sangat bergantung pada suntikan dana dari KB Financial Group Inc., salah satu bank terbesar di Korea Selatan.

Sayangnya, klub baru ini tidak menorehkan prestasi. Suntikan dana 150 juta won di awal berdirinya klub tidak membuahkan hasil. Sementara itu, Asosiasi Sepak Bola Ansan mulai berusaha keluar dari klub Ansan Hallelujah.

Pada 2010, Asosiasi Sepak Bola Ansan berhenti mendukung klub Ansan Hallelujah dan malah mempromosikan klub kota tetangga lainnya, Gwangju. Menariknya, suara masyarakat kota Ansan menginginkan terbentuknya klub baru yang aslinya berasal dari kota ini sendiri.

Baca:  Ole Gunnar Solskjaer: Kiper Kobenhavn Luar Biasa

Asosiasi sepak bola Ansan awalnya setuju dengan suara publik tetapi yang terjadi adalah mereka malah mendukung tim sepak bola Polisi yang bermain di R-League, kompetisi antar tim cadangan di Korea Selatan.

Cikal bakal Ansan Greeners FC

Tim sepak bola polisi yang didukung oleh Asosiasi Sepak Bola Ansan itu kemudian bisa bermain di divisi kedua Liga Korea Selatan. Dewan kota kemudian menawarkan suntikan 500 juta won kepada tim.

Sayangnya, kendala administrasi membuat tim polisi tidak bisa mendapatkan dukungan penuh dari Asosiasi Sepak Bola Ansan. Pada 2013, pemilik klub Seongnam Ilhwa Chunma mencoba menjual saham mayoritas kepada dewan kota Ansam.

Ansan Greeners FC, Berawal dari Klub Polisi yang Gagal Bersinar "class =" wp-image-372110
greenersfc.com

Tongil Group, pemilik Seongnam Ilhwa Chunma, meminta dewan kota mengucurkan dana hingga 4 miliar won. Nilainya yang terlalu tinggi membuat kesepakatan tak kunjung tercapai.

Pada tanggal 23 Desember 2013, dewan kota Ansan dan asosiasi sepak bola Ansan akhirnya membentuk tim sepak bola sendiri dengan nama awal Ansan Mugunghwa FC. Setahun kemudian, klub bermitra dengan tim sepak bola polisi, Nnsan. Kolaborasi kedua tim berlangsung selama dua tahun hingga 31 Desember 2015.

Namun lagi-lagi belum banyak prestasi bagus yang diraih klub ini meski bermitra dengan klub kepolisian. Walikota Je Jong-gil yang memutuskan untuk merevitalisasi klub ini menjadi klub sipil murni untuk menjadi kebanggaan masyarakat Kota Ansan.

Baru pada 28 September 2016, klub ini berusaha menjadi klub profesional. Di tahun yang sama, klub mendapat persetujuan untuk menjadi anggota K-League. Nama klub kemudian diubah menjadi Ansan Greeners FC.

Postingan Ansan Greeners FC, Berawal dari Klub Polisi yang Gagal Bersinar muncul pertama kali di Berita Sepak Bola Terbaru, Skor Langsung, Jadwal & Klasemen – Football5star.com.